weblogUpdates.ping deddynoer: blog tutorial dan everything http://deddynoer.blogspot.com/ deddynoer tutorial blog dan everything: deddynoer: Tayangan TV dan Radio Berbasis Internet

10.30.2008

deddynoer: Tayangan TV dan Radio Berbasis Internet

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 12 Oktober 2008)

Ketika ditugaskan ke tempat yang jauh dari negeri sendiri, sering muncul perasaan rindu.

Bukan hanya rindu terhadap keluarga, teman-teman, atau makanan yang hanya ada di sana. Namun juga rindu dengan suara radio yang selalu menyapa kita setiap hari. Juga berita-berita dari televisi yang dahulunya dengan mudah dilihat dengan sekali tekan tombol remote control.

imageUntungnya saat ini kita hidup di jaman yang serba maju. Dengan adanya satelit, televisi dan radio yang terkoneksi ke sana dapat diterima juga di negera lain melalui parabola. Namun bagaimana dengan mereka yang kesulitan atau tidak memungkinkan untuk memasang parabola di tempat tinggalnya?

Internet ternyata bisa menjadi solusinya! Saat ini banyak pihak yang telah menyediakan layanan live video streaming dan audio streaming untuk menerima televisi maupun radio dari Indonesia.

Pada saat ini, banyak stasiun radio yang telah menyediakan sendiri layanan audio streaming untuk mengatasi keterbatasan jangkauan pancar yang telah diatur dalam peraturan pemerintah. Hal ini memungkinkan siarannya dapat diterima di seluruh negeri maupun di luar negeri.

Untuk Semarang, radio yang telah menyediakan fasilitas ini adalah Gajahmada FM dan Rhema FM melalui alamat http://www.gajahmadafm.co.id:8000/live1.mp3 dan http://streaming.rhemaradio.com:5858 yang bisa diakses melalui perangkat lunak WinAmp dan sejenisnya.