weblogUpdates.ping deddynoer: blog tutorial dan everything http://deddynoer.blogspot.com/ deddynoer tutorial blog dan everything: Partisipasi di Global Conference on Open Source (GCOS)

10.27.2009

Partisipasi di Global Conference on Open Source (GCOS)

Partisipasi di Global Conference on Open Source (GCOS);

IM2 Dukung Penerapan Open Source di Indonesia



PT Indosat Mega Media (IM2) mendukung penerapan Open Source di Indonesia. Saat ini, IM2 telah menggunakan aplikasi maupun operating system berbasis open source sebesar 50% dari total jumlah server perusahaan. Dukungan IM2 terhadap open source juga diwujudkan dengan partisipasi IM2 di acara Global Conference on Open Source (CGOS), pertemuan tingkat dunia mengenai open source yang berlangsung di Shangri-La Hotel Jakarta pada tanggal 26 – 27 Oktober 2009. Acara tersebut dibuka oleh Menkominfo Tifatul Sembiring dan dihadiri oleh Duta Besar Brazil untuk Indonesia, Edmundo Sussumu Fujita.

“IM2 akan terus mendukung perkembangan Open Source di Indonesia sehingga pemanfaatan komputer akan meningkat seiring dengan semakin mudah dan murahnya aksesibilitas melalui open source,” ujar Indar Atmanto, Direktur Utama IM2.

Di ajang CGOS, IM2 menyediakan akses internet gratis menggunakan teknologi WiFi berkecepatan 2 Mbps. IM2 juga menyediakan internet café dimana pengunjung dapat terhubung melalui internet menggunakan 5 (lima) notebook yang disediakan dengan sistem operasi menggunakan open source seperti Linux, Ubuntu, Firefox, dll. Akses internet gratis ini juga dapat dinikmati semua pengunjung hotel. Cukup menyalakan fitur WiFi pada notebook, pengunjung pun siap untuk berselancar internet.


Aplikasi maupun Operating System berbasis open source sudah lama diimplementasikan di IM2. Bahkan sejak awal pendirian perusahaan di tahun 2000. Saat ini sejumlah aplikasi penting IM2 baik internal maupun eksternal berbasis open source seperti Top Up System, Payment Gateway, Portal Kongkoow, i-Pay, Corporate Email, Web Server, dll. “Pilihan terhadap open source tidak hanya pada masalah biaya yang lebih hemat namun juga pada pilihan support yang lebih luas dalam bentuk konsultasi maupun advise dari pihak ketiga. Bahkan portal Kongkoow dan i-Pay kami sudah 100% open source”, jelas Syaiful Anwar – Head of IT Operation IM2.

Kedepannya IM2 akan terus menggalakkan pemakaian open source seiring dengan semakin banyaknya pilihan opsi dan alternative aplikasi maupun operating system berbasis open source. “IM2 akan terus update terhadap perkembangan IT terkini dengan motivasi untuk menghadirkan internet yang terjangkau dan berkualitas kepada masyarakat. Penggunaan open source merupakan salah satu diantaranya,” imbuh Indar.

Di ajang GCOS ini berkumpul lebih dari 500 peserta dari berbagi penjuru dunia mendengarkan dan berdiskusi dengan penggiat dan pencinta open source lainnya. Pada acara yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004 ini, Betti Alisjahbana – Ketua Umum Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) dalam kata sambutan pembukaan acara GCOS mengemukakan bahwa open source sudah sangat layak tampil kedepan dengan dukungan besar dari berbagai pihak membuat penetrasi open source sungguh diluar dugaan begitu baik.


disadur dari : indosatm2.com