weblogUpdates.ping deddynoer: blog tutorial dan everything http://deddynoer.blogspot.com/ deddynoer tutorial blog dan everything: deddynoer: Tentang iGoogle

11.07.2008

deddynoer: Tentang iGoogle

iGoogle mendapat perhatian besar dari Google dalam beberapa bulan belakangan ini. Setelah mengumumkan akan adanya update besar pada iGoogle tibulan yang lalu, fitur baru canvas view yang memungkinkan Anda untuk menampilkan sebuah gadget dalam tampilan penuh telah dirilis. iGoogle memungkinkan pengguna untuk mengemas Reader, Gmail, ramalan cuaca, grafik saham dan game ke dalam satu halaman.
iGoogle baru

Dalam canvas view, iGoogle sebenarnya membuat sbeuah IFRAME baru untuk setiap gadget dan hal ini memungkinkan semua halaman web untuk ditampilkan secara penuh, lengkap dengan semua coding yang ada di dalamnya (termasuk iklan). Dengan konsep ini, iGoogle menjadi jauh lebih berguna dan pengembang dapat dengan bebas berkreasi membuat gadget sesuai kemauan mereka.

Tidak semua gadget mendukung canvas view, tetapi banyak gadget besar seperti yang di bawah ini sudah berjalan baik:

  • Aplikasi Google: gadget Gmail sudah diperbaharui dan memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur lengkap Gmail dari iGoogle, Google Finance sudah didukung dan juga Google Reader (berikut shortcut)
    Google Reader dalam iGoogle
  • Game: mainkan Sudoku dalam tampilan penuh. GoComics juga dapat menambahkan komik favorit Anda ke dalam iGoogle
  • Hiburan: cobalah gadget Flixster yang memberikan akses ke trailer, rating, informasi film dan banyak lagi.
  • Berita: gadget dari The New York Times, The Wall Street Journal dan The Washington Post mengirimkan berita ke dalam iGoogle

Tab navigasi yang berada di bagian atas halaman juga dipindah ke kolom kiri untuk memudahkan akses ke semua gadget hanya dalam satu klik. Blog resmi Google mengatakan bahwa mereka baru merilis tampilan baru ini di Amerika Serikat, dengan negara lain menyusul dalam waktu dekat, tetapi setelah saya periksa, halaman iGoogle saya ternyata sudah menerima update ini.