weblogUpdates.ping deddynoer: blog tutorial dan everything http://deddynoer.blogspot.com/ deddynoer tutorial blog dan everything: deddynoer: Harga Solar Turun Lagi???

1.27.2009

deddynoer: Harga Solar Turun Lagi???

Senin, 26 Januari 2009 | 15:48 WIB
JAKARTA, TRIBUN - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Paskah Suzetta mengatakan kemungkinannya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar akan turun lagi bulan depan. "BBM jenis solar untuk kepentingan industri dalam rangka stimulus fiskal, kemungkinannya akan diturunkan lagi setelah penggunaan dana stimulus disetujui DPR RI," kata Paskah kepada Persda Network, Senin (26/1).

Dia mengatakan dana stimulus yang dimaksud adalah subsidi solar yang Rp 2 triliun yang sudah diajukan ke DPR RI untuk APBN-P 2009. "Kalau harga premium sudah diserahkan ke mekanisme pasar," paparnya.

Pemerintah terakhir kali menurunkan harga BBM jenis premium dan solar pada 15 Januari lalu. Harga premium turun Rp 500/liter dari Rp 5.000/liter menjadi Rp 4500. Harga premium turun 25 persen sejak 1 Desember 2008. Sementara untuk solar turun Rp 300/liter dari Rp 4.800/liter menjadi Rp 4.500. Harga solar turun 18,2 persen sejak 1 Desember 2008.

Bila Pemerintah menurunkan harga BBM bulan depan maka dalam tiga bulan, pemerintah telah menurunkan harga BBM sebanyak empat kali.



Note by deddynoer : Bila hal ini terjadi, maka Pemerintah sekarang sangat serius dan konsekwen dalam hal menindak lanjuti penurunan harga minyak dunia beserta dampaknya di masyarakat dan perekonomian Indonesia. Akan tetapi, hal tersebut mesti ditindak lanjutkan dengan penurunan harga BBM lainnya dan juga harga-harga kebutuhan bahan pokok. Ataukah ini hanya sekedar trik yang bersifat politis untuk menarik simpati masyarakat dalam menghadapi Pemilu mendatang? Kita tunggu saja...